FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI POS KESEHATAN DESA AIR KUBANG KECAMATAN AIR NANINGAN KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2017.

Dublin Core

Title

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI POS KESEHATAN DESA AIR KUBANG KECAMATAN AIR NANINGAN KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2017.

Subject

Ibu Menyusui , ASI Eksklusif

Description

Cakupan pemberian ASI Eksklusif di Indonesia masih jauh dari target 80% yaitu 54.3%(2014). Hasil studi pendahuluan yang dilakukan tanggal 12 November 2016 di Desa Air Kubang,Kecamatan Air Naningan dengan teknik wawancara kepada 10 ibu menyusui bahwa didapatkan (30%) ibu menyusui memberikan ASI eksklusif dan sedangkan (70%) lainnya tidak memberikan ASI Eksklusif dan belum diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif di Pos Kesehtan Desa Air Kubang Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Tahun 2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI Eksklusif ditinjau dari Pendidikan,Pengetahuan,Sikap,Pekerjaan,Status Ekonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional,dilakukan pada bulan Februari-April 2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Ibu yang mempunyai bayi berusia 6-12 bulan di Pos Kesehatan Desa Air Kubang Kecamatan Air Naningan sebanyak 58 orang.Sampelnya adalah total populasi.Data yang digunakan adalah data primer.Alat yang digunakan untuk mengambil data adalah kuesioner dengan cara angket, Analisa data menggunakan Univariat dan Bivariat dengan uji statistik menggunkan Chi Square.
Hasil penelitian menyimpulkan dengan 58 responden, di dapatkan hasil : Pendidikan (p value=0,013) , Pengetahuan (p value= 0,002 ), Sikap (p value=0,001),Status Ekonomi (p value= 0,001),Pekerjaan (p value=0,002).Peneliti menyarankan agar dapat dilakukan penyuluhan pada Ibu-Ibu hamil dengan menggiatkan Kader,Dukun,Pamong Desa serta Tenaga Kesehatan untuk terus memberikan informasi kepada Ibu-Ibu tentang ASI Eksklusif di Posyandu,Pos Kesehatan Desa dan Tempat-Tempat strategis lainnya.

Creator

Senja Rathmaliza Putri

Source

Kebidanan

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Kebidanan

Format

Softcopy

Language

Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang