HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017

Dublin Core

Title

HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017

Subject

Pengetahuan, remaja putri, perilaku, personal hygiene

Description

Hygiene pada saat menstruasi merupakan komponen personal hygiene (kebersihan perorangan) yang memegang peranan penting dalam status perilaku kesehatan seseorang, termasuk menghindari adanaya gangguan pada fungsi alat reproduksi. Pada saat menstruasi pembuluh darah dalam rahim sangat mudah terinfeksi. Oleh karena itu kebersihan alat kelamin harus lebih dijaga karena kuman mudah sekali masuk dan dapat menimbulkan Infeksi Saluran Reproduksi (ISR). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan remaja putri dengan perilaku personal hygiene saat mesntruasi di SMP Negeri 31 Bandar Lampung tahun 2017.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kolerasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswi SMP Negeri 31 Bandar Lampung sebanyak 464 orang dengan jumlah sampel 82 orang. Untuk menguji hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen uji statistik yang di gunakan adalah uji Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan Sebagian besar pengetahuan tentang menstruasi pada remaja putri di SMP Negeri 31 Bandar Lampung tahun 2017 adalah cukup baik yaitu sebanyak 56 orang (68,3%). Sebagian besar perilaku personal hygiene pada saat menstruasi di SMP Negeri 31 Bandar Lampung tahun 2017 adalah baik yaitu sebanyak 59 orang (72,0%). Ada mengetahui hubungan pengetahuan remaja putri dengan perilaku personal hygiene saat mesntruasi di SMP Negeri 31 Bandar Lampung dengan p-value = 0,000 dan OR = 35,286.
Saran, bagi Institusi Pendidikan Kebidanan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi keputusan dan dapat dijadikan sebagai bahan pengembangan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan perilaku personal hygiene pada saat menstruasi. Bagi SMP Negeri 31 Bandar Lampung diharapkan dapat menjadi masukan dalam menyusun dan melaksanakan program kesehatan yang berhubungan dengan perilaku personal hygiene pada saat menstruasi.

Creator

Crelia Atdesta

Source

Kebidanan

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Kebidanan

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang