Profil Penggunaan Obat Antihipertensi Pasien Rawat Inap di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung.

Dublin Core

Title

Profil Penggunaan Obat Antihipertensi Pasien Rawat Inap di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung.

Subject

Penggunaan Obat, Antihipertensi, RSUD Dr. H. Abdul Moeloek

Description

Penyakit hipertensi di sebagian besar rumah sakit di Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun dan selalu menempati urutan teratas. Data 10 besar penyakit di rawat inap RSUD Dr. H. Abdul Moeloek periode Juli-Desember 2015 menunjukkan hipertensi berada di posisi lima. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Profil Penggunaan Obat Antihipertensi Pasien Rawat Inap di Instalasi Farmasi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan resep asli dari instalasi rawat inap periode Januari-Maret 2016, dipilih resep yang mengandung obat antihipertensi. Lalu resep tersebut dicatat dan didata dalam lembar ceklis kemudian dihitung persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian, persentase obat antihipertensi dengan efek farmakoologi yang paling banyak diresepkan adalah diuretik sebanyak 44,63%. Sedangkan persentase untuk zat aktif yang paling banyak diresepkan untuk golongan diuretik adalah furosemid 67,57%. Kombinasi Obat antihipertensi yang paling banyak diresepkan adalah kombinasi golongan diuretik dan ACE-Inhibitor sebanyak 22,35%. Dan persentase kesesuaian penulisan resep obat antihipertensi berdasarkan formularium adalah 92,94%.

Creator

Early Herawati

Source

Jurusan farmasi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2016

Format

Softcopy

Language

Bahasan Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang