Pengaruh Pemberian Susu Kedelai Terhadap Gejala Premenstruasi Sindrom Pada Remaja Puteri Di SMAN 2 Liwa Lampung Barat Tahun 2017

Dublin Core

Title

Pengaruh Pemberian Susu Kedelai Terhadap Gejala Premenstruasi Sindrom Pada Remaja Puteri Di SMAN 2 Liwa Lampung Barat Tahun 2017

Subject

Susu Kedelai, Premenstruasi Sindrom

Description

Premenstruasi Sindrom dapat mengganggu hubungan sosial seseorang. PMS yang terjadi pada remaja dapat menurunkan produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan dapat mempengaruhi prestasi belajar di sekolah. Angka kejadian PMS di Indonesia sendiri berkisar antara 70-90%, sedangkan di Lampung didapatkan data bahwa proporsi kejadian PMS pada remaja putri sebesar 31,5% (39) dari 124 responden. Berdasarkan hasil pra survey, didapatkan hasil sebanyak 4 dari 10 remaja puteri mengalami premenstruasi sindrom berat (>5 gejala yang dirasakan), dan 5 dari 10 remaja puteri mengalami 1-4 gejala PMS. Sedangkan jumlah siswa puteri yang tidak merasakan gejala PMS sangat sedikit sekali, yaitu 1 dari 10 orang responden.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian susu kedelai terhadap gejala Premenstruasi Sindrom pada remaja puteri di SMAN 2 Liwa Lampung Barat tahun 2017.
Desain penelitian ini adalah Eksperimental dengan rancangan Pra Eksperimen berupa One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja puteri yang mengalami gejala Premenstruasi Sindrom di SMAN 2 Liwa Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat yang berjumlah 247 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Purposif Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Analisa data secara univariat dan analisa bivariat dengan T-Test Dependen.
Hasil penelitian yang diperoleh dari 20 responden, semua responden (100%) mengalami penurunan gejala Premenstruasi Sindrom setelah dilakukan intervensi dengan rata-rata penurunan gejala sebanyak 4,5 gejala. Hasil uji statistik didapatkan nilai P value=0,000 sehingga P<0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara jumlah gejala PMS yang dirasakan sebelum dan setelah dilakukan intervensi. Adapun saran dalam penelitian ini agar setiap remaja puteri yang mengalami gejala Premenstruasi Sindrom untuk mencoba mengkonsumsi susu kedelai yang telah terbukti dapat menangani gejala Premenstruasi Sindrom yang dirasakan.

Creator

Elvia Marita

Source

Kebidanan

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Kebidanan

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang