Gambaran Karakteristik, Pengetahuan dan Sikap Ibu Rumah Tangga Terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS) di Puskesmas Tulang Bawang 1 Tahun 2017

Dublin Core

Title

Gambaran Karakteristik, Pengetahuan dan Sikap Ibu Rumah Tangga Terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS) di Puskesmas Tulang Bawang 1 Tahun 2017

Subject

Ibu rumah tangga, IMS, karakteristik

Description

IMS adalah penyakit yang penularannya terutama melalui hubungan seksual. Kejadian IMS di Puskesmas Tulang Bawang I terdapat kejadian IMS dari Januari sampai Desember tahun 2015 terdapat sebanyak 1 ibu yang positif HIV/AIDS. Tujuan penelitian ini adalah. Gambaran Karakteristik, Pengetahuan Dan Sikap Ibu Rumah Tangga Terhadap Infeksi Menular Seksual (IMS) Di Puskesmas Tulang Bawang 1 Tahun 2017.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga yang datang berkunjung di Puskesmas Tulang Bawang I teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 96 responden analisis data menggunakan persentase.
Hasil penelitian diperoleh distribusi frekuensi usia responden didominasi oleh responden yang berusia 17-55 (95,8%). Tingkat pendidikan responden sebagian besar berpendidikan dasar (49,0%), demikian juga pendidikan suami (65,6%). Separuh responden berstatus bekerja (50%) dan seluruh suami responden berstatus bekerja. Tingkat pengetahuan responden lebih banyak yang berpengetahuan cukup. Adapun sikap responden sebagian besar memiliki sikap yang unfavorable (negatif). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ibu rumah tangga yang ada di Puskesmas Tulang Bawang I lebih banyak yang pengetahuan kurang dan sikap unfavorable (negatif) tentang IMS. Saran penelitian ini pihak petugas kesehatan meningkatkan upaya pemberian informasi informasi, memberikan brosur dan pamflet yang berkaitan dengan pengenalan dan informasi lengkap tentang IMS kepada masyarakat umumnya dan ibu rumah tangga pada umumnya.

Creator

Retno Rahmawati

Source

Kebidanan

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Kebidanan

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang