Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Balita Di Desa Sinarsemendo Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus Tahun 2017

Dublin Core

Title

Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Balita Di Desa Sinarsemendo Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus Tahun 2017

Subject

Pendidikan, Pengetahuan, Cakupan pemberian vitamin A

Description

Masa balita merupakan masa yang paling penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa ini diperlukan vitamin A dalam jumlah yang cukup untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Cakupan pemberian kapsul vitamin A di Indonesia meningkat dari 69,8% (2010) menjadi 75,5% (2013). Dari hasil studi pendahuluan pada tahun 2016 di desa Sinarsemendo diketahui bulan Februari cakupan jumlah pemberian vitamin A pada balita sebanyak 80% dan pada bulan Agustus 43,75%. Dengan demikian terdapat kesenjangan persentase anak umur 6-59 bulan yang menerima kapsul vitamin A selama enam bulan terakhir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu dengan pemberian kapsul vitamin A pada balita di desa Sinarsemendo Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus tahun 2017.
Desain penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki balita di desa Sinarsemendo berjumlah 80 orang dan sampel berjumlah 76 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data univariat menggunakan persentase dan bivariat menggunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian diperoleh 17,1% ibu yang tidak memberikan vitamin A. 56,6% ibu memiliki tingkat pendidikan rendah, dan 13,2% ibu memliki pengetahuan kurang. Kesimpulan yang diperoleh tidak ada hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan pemberian kapsul vitamin A pada balita. Dan ada hubungan bermakna antara pengetahuan ibu dengan pemberian kapsul vitamin A pada balita. Saran untuk tempat penelitian diharapkan dalam meningkatkan cakupan pemberian vitamin A pada balita perlu ditingkatkan pengetahuan masyarakat, khususnya ibu-ibu yang mempunyai balita dengan cara bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat untuk mengadakan penyuluhan yang berhubungan dengan vitamin A setiap bulan di posyandu.

Creator

Selvi Yolanda

Source

Kebidanan

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Kebidanan

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang