Gambaran Pemberian Asi Ekslusif, Inisiasi Menyusui Dini Di Wilayah Kerja Puskesmas Sekincau Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018.

Dublin Core

Title

Gambaran Pemberian Asi Ekslusif, Inisiasi Menyusui Dini Di Wilayah Kerja Puskesmas Sekincau Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018.

Subject

Pemberian ASI

Description

Puskesmas Sekincau Kecamatan sekincau kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu Puskesmas yang ada di Kabupaten lampung Barat, terletak di jalan raya Pampangan. Salah satu program di Puskesmas Sekincau adalah Kesehatan Ibu dan Anak dan Gizi dimana didalamnya terdapat program IMD dan ASI Ekslusif. Masalah dalam penelitian ini adalah tidak tercapainya cakupan ASI ekslusif yaitu cakupan ASI ekslusif tahun 2017 periode Januari-Desember, di wilayah kerja Puskesmas Sekincau hanya 43,7 % dari sasaran 196 bayi yang diberikan ASI. Sedangkan target yang harus dicapai 75%. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran Inisiasi Menyusui Dini (IMD), pemberian ASI ekslusif diwilayah kerja Puskesmas Sekincau Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018. Rancangan penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak baduta di wilayah kerja Puskesmas sekincau kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat tahun 2017 sebanyak 366 orang . Pengambilan sempel dilakukan dengan metode proposionate random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sederhana dengan mendata semua ibu yang mempunyai anak berumur 6-24 bulan dari setiap populasi di tingkat pekon kemudian diundi sampai didapat sejumlah sempel yang ditentukan hingga didapatkan sampel dari semua pekon sebanyak 79 orang dan diolah secara manual dengan analisis univariat menggunakan rumus presentase dan analisis bivariat. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara IMD,Umur, Pendidikan, pekerjaan, dan pengetahuan dengan pemberian ASI Ekslusif di Wilayah Kerja Puskesmas Sekincau Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat tahun 2018. Kesimpulan ada hubungan antara IMD, Umur, pendidikan, pekerjaan, dan pengetahuan ibu dengan pemberian ASI ekslusif di wilayah kerja Puskesmas Sekincau Kecamatan Sekincau tahun 2018. Saran, diharapkan dengan adanya penelitian ini Puskesmas dapat meningkatkan mutu pelayanan dan memotivasi ibu dengan memberikan promosi tentang ASI ekslusif melalui penyuluhan, untuk meningkatkan pengetahuan dengan memperhatikan tingkat pendidikan ibu. Agar ibu menyusui bersikap positif terhadaf informasi tentang pemberian ASI ekslusif yang diberikan oleh pihak terkait, serta dukungan ayah/suami dalam pemberian ASI ekslusif, dan perlunya komitmen dari petugas kesehatan/bidan terkait pemberian IMD.

Creator

Gunarto

Source

Jurusan Gizi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2018

Contributor

Mahasiswa

Format

Text

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang