Gambaran Sistem Penyelenggaraan Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan Tahun 2018.

Dublin Core

Title

Gambaran Sistem Penyelenggaraan Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan Tahun 2018.

Subject

Sistem Penyelenggaraan Makanan

Description

Latar belakang penyelenggaraan makanan rumah sakit merupakan rangkaian kegiatan dari perencanaan menu, perencanaan kebutuhan bahan makanan, perencanaan anggaran belanja, pengadaan bahan makanan, penerimaan dan penyimpanan, pemasakan bahan makanan, distribusi makanan, pencatatan, pelaporan dan evaluasi yang bertujuan menyediakan makanan yang berkualitas seperti kebutuhan gizi, biaya, aman dan dapat diterima oleh konsumen guna mencapai status gizi yang optimal (Kemenkes RI, 2013) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Sistem Penyelenggaraan Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan Tahun 2018. Methode Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian secara deskreption yaitu memberikan Gambaran Sistem Penyelenggaraan Makanan yang diadakan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan tahun 2018.Data yang diperoleh dianalisis secara deskripsif dengan membandingkan hasil yang diperoleh dengan persyaratan-persyaratan yang berlaku. Waktu penelitian pada bulan april 2018. Hasil yang diperoleh: 1. Ketenagaa masih kurang. 2. Perencanaan menu belum memilik standar resep, porsi dan bumbu. 3. Pengadaan bahan makanan masih dilakukan oleh tenaga Ahli Gizi dan belum ada spesifikasi bahan makanan. 4. Penerimaa dan penyimpanan bahan makanan belum memiliki tiem penerimaan dan tenaga pengelola penyimpanan bahan makanan. 5. Persiapan dan pengolahan belum mamakai pengamprahan bahan makanan. 6. Pendistribusian belum memakai kereta dorong. 7. Pencatatan dan pelaporan belum ada kartu stok di gudang penyimpanan. 8. Sarana dan Prasarana sangat kurang baik diruangan maupun pengolahan. Disarankan agar : 1. Ketenagaan perlu memiliki lulusan SMK tata boga dan D3 Komputer. 2. Perencanaan menu perlu membuat standar resep, porsi dan bumbu. 3. Pengadaan bahan makanan harus memiliki tenaga khusus dan spesifikasi bahan makanan. 4. Penerimaan dan penyimpanan bahan makanan harus memiliki tiem penerimaan dan tenaga khusus pengelola penyimpanan. 5. Persiapan dan pengolahan harus memakai pengamprahan bahan makanan. 6. Pendistribusian harus menggunakan kereta dorong sesuai jumlah ruangan dan jumlah pasien. 7. Pencatatan dan pelaporan perlu membuat blangko pengamprahan dan kartu stok di gudang. 8. Sarana dan prasarana perlu ditambah dan pengecekan setiap tahun.

Creator

Martalena.B

Source

Jurusan gizi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2018

Contributor

Mahasiswa

Format

softfile

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang