Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Menarche Dini Siswi kelas V dan VI di SDN 01 Sidomakmur Tulang Bawang.

Dublin Core

Title

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Menarche Dini Siswi kelas V dan VI di SDN 01 Sidomakmur Tulang Bawang.

Subject

Menarche Dini,Faktor

Description

Saat ini di indonesia,usia remaja pada waktu menarche bervariasi antara 10-16 tahun dan rata-rata 12,5 tahun.Usia menarche lebih dini didaerah perkotaan dari pada didesa dan juga lebih lambat wanita yang kerja berat (wiknjosastro,2003). Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya kasus menarche dini di SDN 01 Sidomakmur Tulang Bawang pada tahun 2018 yaitu sebanyak 58,3%.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan menarche dini di SDN 01 Sidomakmur Tulang Bawang pada tahun 2018.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, dilakukan pada tahun 2018, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas V dan VI, sedangkan yang diambil menjadi sampel sebanyak 60 sampel.Teknik sampel penelitian menggunakan total sampling.
Data yang diambil adalah data primer, alat pengumpulan berupa kuisioner. Analisis data yang digunakan univariat dengan presentase, bivariat dengan Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara status gizi (nilai p value=0,000<0,05)dan terpapar media massa (nilai p value=0,000<0,05) dengan menarche dini.sedangkan Tidak ada hubungan yang signifikan antara pendidikan orang tua dengan menarche dini(nilai p value=0,789>0,005).
Diharapkan pihak sekolah untuk melibatkan orang tua dalam melakukan pengontrolan terhadap status gizi anak dan melakukan pengawasan pada anak dalam memanfaatkan teknologi digunakan secara efisien.

Creator

Adisna Maya Anggraini

Source

DIV Kebidanan Tanjungkarang

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2018

Contributor

Mahasiswa

Format

Soft file

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang