Asuhan Keperawatan Hiperemesis Gravidarum dengan Gangguan Kebutuhan Cairan pada Ny.F di Ruang Kebidanan RSD Mayjen HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara

Dublin Core

Title

Asuhan Keperawatan Hiperemesis Gravidarum dengan Gangguan Kebutuhan Cairan pada Ny.F di Ruang Kebidanan RSD Mayjen HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara

Subject

Asuhan Keperawatan, Hiperemesis Gravidarum,
Kebutuhan cairan.

Description

Jumlah kasus Hiperemesis Gravidarum di Ruang Kebidanan RSD Mayjen Ryacudu Lampung Utara masuk dalam 10 kasus terbanyak. Pada tahun 2017 bulan Januari – April berjumlah total kunjungan 216 ibu hamil, dan ada 21 (1%) ibu hamil yang mengalami Hiperemesis Gravidarum.
Tujuan penulis dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk memberikan Gambaran Asuhan Keperawatan Hiperemesis Gravidarum dengan Gangguan Kebutuhan Cairan pada Ny.F di Ruang Kebidanan RSD Mayjen HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara 16-18 Mei 2017.
Hasil Laporan Tugas Akhir Asuhan Keperawatan Hiperemesis Gravidarum untuk pengkajian didapatkan data mual, muntah setelah beberapa menit makan, dan pusing. Sedangkan diagnosa keperawatan yang ditegakkan adalah Nausea, Kekurangan volume cairan,ketidak seimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan, defisit perawatan diri. Intervensi disesuaikan Label NOC dan NIC. Implementasi dilaksanakan sesuai dengan intervensi. Pada evaluasi sebagian besar intervensi teratasi dan ada yang belum teratasi yaitu pasien masih mual,dan tekanan darah belum normal. Akan tetapi pasien diperbolehkan pulang.
Kesimpulan tahapan dalam proses keperawatan sudah sesuai dengan teori mulai dari pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi. Saran dari laporan ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi perawat di Ruang Kebidanan RSD Mayjend HM Ryacudu dalam meningkatkan pemberian layanan Asuhan Keperawatan pada klien dengan Hiperemesis Gravidarum, dan diharapkan hasil ini dapat dijadikan referensi di bidang keperawatan.

Creator

Darulia Hidayah Utami

Source

Keperawatan

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Contributor

Mahasiswa

Format

Soft File

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang