Asuhan Keperawatan Kasus Diare pada An.D Dengan Gangguan Kebutuhan Cairan di Ruang Penyakit Anak RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara

Dublin Core

Title

Asuhan Keperawatan Kasus Diare pada An.D Dengan Gangguan Kebutuhan Cairan di Ruang Penyakit Anak RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara

Subject

Asuhan Keperawatan, Diare, Kebutuhan Cairan

Description

Menurut data United Nation Children’s Fund (UNICEF) dan World Health Organization (WHO) pada tahun 2013, secara global terdapat dua juta anak meninggal dunia setiap tahunnya karena diare. Berdasarkan data pasien rawat inap di ruang anak RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara pada tahun 2016 penyakit diare menempati urutan ketiga dengan 52 kasus : 9,42 %, sedangkan pada tahun 2017 diare menempati urutan pertama dari 10 penyakit terbesar, dengan 103 kasus : 20,67%.
Tujuan penulisan adalah memberikan gambaran Asuhan Keperawatan Diare Pada An. D Dengan Gangguan Kebutuhan Cairan Di Ruang Penyakit Anak RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi pada tanggal 15 – 16 Mei 2017. Pengkajian, diagnosa keperawatan, rencana keperawatan, implementasi dan evaluasi. Diagnosa keperawatan yang ditegakkan menurut pengkajian adalah diare, kekurangan volume cairan, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh. Rencana keperawatan dibuat sesuai dengan teori NANDA NIC-NOC 2016 melalui pemilihan lebel sesuai diagnosa. Implementasi dilakukan sesuai dengan label yang dipilih pada teori tetapi ada yang ditambahkan atau dihilangkan setiap harinya sesuai perkembangan klien. Evaluasi keperawatan dilaksanakan selama 2 hari sesuai teori proses keperawatan dan hasil evaluasi 3 diagnosa masalah keperawatan teratasi sebagian.
Kesimpulan yang muncul pada An. D adalah lemas, pusing, BAB cair 2 kali, bibir kering, bising usus 35x/menit, berat badan. Diare berhubungan dengan fisiologis (proses infeksi) dilakukan NIC manajemen diare dan manajemen pengobatan, NOC kontinensi usus dan eliminasi usus, kekurangan volume cairan berhubungan dengan kehilangan cairan aktif dilakukan NIC manajemen cairan dan manajemen hipovolemia, NOC keseimbangan cairan dan hidrasi, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan ketidakmampuan mencerna makanan NIC manajemen nutrisi dan bantuan peningkatan bera badan, NOC status nutrisi dan nafsu makan. Saran dari laporan ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam pelaksanan Asuhan Keperawatan Kasus Diare Pada Anak bagi perawat di Ruang Penyakit Anak RSD Mayjend HM Ryacudu dan menambah literatur kepustakaan bagi mahasiswa/i Poltekkes Program Studi Keperawatan Kotabumi.

Creator

Afifatus Sa’diyah

Source

Keperawatan

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Contributor

Mahasiswa

Format

Soft file

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang