Asuhan Keperawatan Pasien dengan Gangguan Mobilitas Fisik pada Kasus Rheumatoid Artritis Terhadap Tn. H di Puskesmas Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara Tanggal 3-5 Juli 2018.

Dublin Core

Title

Asuhan Keperawatan Pasien dengan Gangguan Mobilitas Fisik pada Kasus Rheumatoid Artritis Terhadap Tn. H di Puskesmas Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara Tanggal 3-5 Juli 2018.

Subject

Asuhan Keperawatan, Rheumatoid Artritis,
mobilisasi

Description

Secara umum di Provinsi Lampung penyakit RA merupakan 10 penyakit terbesar tahun 2011 hingga tahun 2013 (Riskesdas, 2013). Sedangkan data kesehatan Kabupaten Lampung Utara penyakit RA, merupakan penyakit dengan urutan ke 6 sejak tahun 2014 hingga tahun 2017. Pada tahun 2016 kasus RA di Puskesmas Blambangan Pagar sebanyak 2705 jiwa dan pada tahun 2017 kasus RA sebanyak 2741 jiwa. Dengan jumlah data tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan angka penderita kasus RA pada tahun 2017 yaitu sebanyak 36 jiwa. Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan kasus rheumatoid artritis dengan gangguan mobilitas fisik. Data pengkajian kasus ini adalah pasien mengatakan susah menggerakkan anggota tubuh, kaku dan nyeri terasa terutama setelah bangun tidur. Nyeri bertambah jika digunakan bergerak, nyeri terasa diarea kaki sebelah kanan, terutama pada bagian pergelangan lengan skala nyeri 7 (nyeri sedang). Diagnosa yang sesuai dengan pengkajian pada Tn. H adalah gangguan mobiliitas fisik, nyeri kronik dan defisiensi pengetahuan. Gangguan mobilitas fisik dilakukan tindakan ambulasi bertahap, nyeri dilakukan manajemen nyeri, dan defisiensi pengetahuan dilakukan pendidikan kesehatan. Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama tiga hari evaluasi masalah ketiga diagnosa tersebut masalah teratasi. Saran dari laporan ini diharapkan perawat di Puskesmas Blambangan Pagar dalam melaksanakan asuhan keperawatan dengan melakukan pemantauan secara berkala dari hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan. Keluarga / pasien mampu melakukan perawatan terhadap penyakit RA secara mandiri. Hasil studi kasus ini dapat didokumentasikan di perpustakaan untuk menambah jumlah LTA dan asuhan keperawatan terhadap penyakit RA.

Creator

Yusdi

Source

RPL Keperawatan Kotabumi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2018

Format

Softfile

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang