Aplikasi Dekokta Daun Salam Dalam Penghambatan Candidiasis Eritematosa Pada Pengguna Gigi Tiruan Lepasan Akrilik

Dublin Core

Title

Aplikasi Dekokta Daun Salam Dalam Penghambatan Candidiasis Eritematosa Pada Pengguna Gigi Tiruan Lepasan Akrilik

Subject

Dekokta, Daun Salam, Candidiasis Eritematosa

Description

Pemakaian gigi tiruan lepasan akrilik dapat menimbulkan masalah apabila tidak diperhatikan kebersihan dan perawatannya. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan sisa makanan yang merupakan predisposisi terbentuknya plak, sehingga meningkatkan prevalensi mikroorganisme candida albicans dan menyebabkan terjadinya candidiasis. Candidiasis yang paling banyak ditemukan adalah candidiasis eritematosa. Daun salam karena memiliki kandungan minyak atsiri, flavonoid dan tanin yang dapat berperan sebagai anti bakteri pada mulut dan aman untuk kesehatan. Bhaskara (2012) menunjukkan juga bahwa ekstrak etanol daun salam 40% v/v (7mm), 80% v/v (9mm) dan 100% v/v (11mm) efektif dalam menghambat pertumbuhan Candida ATCC 10231 pada media SDA. Berdasarkan aktifitas antimikroba daun salam tersebut, maka peneliti ingin melakukan penelitian tentang efektifitas daun salam dalam penghambatan terjadinya candidiasis eritematosa pada pengguna gigi tiruan akrilik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, serta menggunakan rancangan pre and post test with control group. Analisis data menggunakan pair T test.

Hasil pemeriksaan candidiasis eritematosa awal menunjukkan bahwa distribusi frekuensi jenis candidiasis eritematosa pada responden yaitu 100% tipe I, inflamasi sederhana terlokalisir dan luas candidiasis eritematosa yaitu 100% tipe 1, pin poin hyperemia. Aplikasi dekokta daun salam pada responden menyebabkan 75% reponden mengalami perubahan jenis dan luas lesi dari tipe I menjadi normal (tidak ada lesi). Uji paired samples t-test menunjukkan signifikansi 0,008 < 0,05, maka terdapat perbedaan signifikan jenis dan luas lesi candidiasis eritematosa sebelum dan sesudah aplikasi dekokta daun salam.

Creator

Yustin Nur Khoiriyah.-
Sri Wahyuni.-

Source

Analis Kesehatan

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2018

Contributor

Dosen

Format

Softfile

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungakrang