Formulasi Acne Gel Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia Sappan L) Dengan Hpmc Sebagai Gelling Agent

Dublin Core

Title

Formulasi Acne Gel Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia Sappan L) Dengan Hpmc Sebagai Gelling Agent

Subject

Gel, Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia Sappan L), HPMC

Description

Jerawat (acne vulgaris) adalah kondisi abnormal kulit akibat produksi kelenjar minyak berlebih yang menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Kondisi kulit yang menyusahkan ini dapat menyebabkan masalah fisiologis yang signifikan seperti krisis kepercayaan diri. Jerawat berkembang menjadi inflamasi(inflammatory acne) apabila terinfeksi bakteri, terutama bakteri Propioni bacterium acnes.
Kayu Secang (Caesalpinia Sappan L) merupakan salah satu tanaman yang potensial sebagai anti bakteri, anti inflmasi, antihistamin, dan anti oksidan yang sudah banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan formulasi sediaan acne gel ekstrak kayu secang (Caesalpinia sappan L) pada konsentrasi 1% dandengan basis HPMC (Hydroxypropyl Methylcellulosa) sebagai gelling agent pada konsentrasi 3%, 4%, dan 5% yang memenuhi syarat organoleptik, homogenitas, pH, dan daya sebar
Sediaan acne gel ekstrak kayu Secang (Caesalpinia sappan L) dengan HPMC sebagai gelling agent memiliki warna merah coklat kekuningan, tekstur setengah padat, homogen, range pH 4.6-5.1, daya sebar yang memenuhi syarat 6.3 cm. Formula acne gel yang memenuhi syarat adalah formula 1 dengan konsentrasi HPMC 3%.

Creator

Yulyuswarni, Ssi.,Apt.,M.Kes

Source

Farmasi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2018

Contributor

Dosen

Format

Soft file

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungakrang