Pengaruh Aromaterapi Minyak Kasturi Dan Frankincense Oil (Kemenyan) Terhadap Nyeri Pada Ibu Bersalin Kala I Di Praktik Mandiri Bidan Kabupaten Lampung Timur Tahun 2018

Dublin Core

Title


Pengaruh Aromaterapi Minyak Kasturi Dan Frankincense Oil (Kemenyan) Terhadap Nyeri Pada Ibu Bersalin Kala I Di Praktik Mandiri Bidan Kabupaten Lampung Timur Tahun 2018

Subject

Nyeri Persalinan, Minyak Kasturi, Frankincense Oil

Description

Nyeri persalinan dapat menimbulkan stres yang menyebabkan pelepasan hormon yang berlebihan seperti katekolamin dan steroid, sehingga dapat mempengaruhi kondisi ibu berupa kelelahan, rasa takut, khawatir dan menimbulkan stres, cemas, serta menyebabkan asidosis janin. Penanganan nyeri dengan pemberian obat-obatan adalah pilihan yang terbaik, namun metode non farmakologis dengan pemberian aromaterapi sangat membantu dalam menghilangkan rasa nyeri. Propinsi Lampung terdapat 186.432 orang ibu bersalin, yang mengalami nyeri sebanyak 55.873 orang (29,9%) (Kemenkes, 2012), sedangkan di Kabupaten Lampung Timur dari 15.039 ibu bersalin yang mengalami nyeri sebanyak 235 orang (1,5%). Studi pendahuluan yang di lakukan peneliti di wilayah Kabupaten Lampung Timur diperoleh data sebanyak 10 orang ibu bersalin, 6 orang (60%) diantaranya mengatakan saat persalinan merasakan sangat nyeri pada pembukaan 5 cm, dan 4 orang (40%) lainnya mengatakan pada saat bersalin merasakan nyeri ringan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aromaterapi minyak kasturi dan frankincense oil (kemenyan) terhadap nyeri pada ibu bersalin kala I di praktik mandiri bidan Kabupaten Lampung Timur tahun 2018.
Jenis penelitian ini quasi experiment dengan pretest and posttest group. Populasi sebanyak 150 orang ibu bersalin. Hasil dari perhitungan didapatkan 35 orang untuk kelompok aromaterapi kasturi dan 35 orang untuk kelompok aromaterapi kemenyan, sehingga jumlah sampel dari penelitian ini adalah 70 orang berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling (sampel acak berdasarkan area). Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Analisis univariat menggunakan tabel distribusi frekuensi dan analisis bivariat dalam penelitian ini adalah uji beda Wilcoxon Signed-Rank Test, karena data berdistribusi tidak normal.
Rata-rata intensitas nyeri persalinan sebelum pemberian aromaterapi kasturi adalah sebesar 7.66 dan rata-rata intensitas nyeri persalinan setelah pemberian aromaterapi kasturi adalah sebesar 4.94. Rata-rata intensitas nyeri persalinan sebelum pemberian aromaterapi kemenyan adalah sebesar 6.20 dan rata-rata intensitas nyeri persalinan setelah pemberian aromaterapi kasturi adalah sebesar 2.66. Terdapat pengaruh aromaterapi minyak kasturi dan frankincense oil (kemenyan) terhadap nyeri pada ibu bersalin kala I, dengan nilai p value kelompok pemberian aromaterapi kasturi dan aromaterapi kemenyan adalah sebesar 0.000.
Diharapkan bidan dapat memberikan aromaterapi minyak kasturi dan frankincense oil (kemenyan) sebagai alaternatif untuk mengurangi nyeri persalinan.

Creator

- Yetti Anggraini, M.Kes.,M.Keb
- R.Pranajaya,S.Kp.,M.Kes

Source

Kebidanan

Publisher

Perpustakaan PoltekkesTjk

Date

2018

Contributor

Dosen

Format

soft file

Language

Bahasa Indonesia

Type

text

Coverage

Poltekkes tjk