PENGARUH TERAPI DINGIN KOMPRES ES TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PADA PASIEN POST OPERASI TONSILEKTOMI DI RUANG MAWAR RUMAH SAKIT DKT BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017

Dublin Core

Title

PENGARUH TERAPI DINGIN KOMPRES ES TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PADA PASIEN POST OPERASI TONSILEKTOMI DI RUANG MAWAR RUMAH SAKIT DKT BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017

Subject

terapi dingin kompres es, tonsilektomi

Description

Terapi dingin kompres es merupakan salah satu cara untuk menurunkan skala nyeri pasca tonsilektomi. Terapi dingin bekerja sebagai analgetik dengan menurunkan prostaglandin yang memperkuat sensitivitas reseptor nyeri. Berdasarkan hasil laporan kegiatan di Rumah Sakit DKT Bandar Lampung pada bulan juli – desember 2016 didapatkan data operasi tonsilektomi sebanyak 176 jiwa. Nyeri pasca tonsilektomi muncul karena terjadinya kerusakan mukosa, pembuluh darah, jejas pada otot konstriktor faringeus, kerusakan serabut saraf glosofaringeus serta terjadinya inflamasi dan spasme otot faringeus. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi dingin kompres es terhadap penurunan skala nyeri pada pasien post operasi tonsilektomi di ruang mawar Rumah Sakit DKT Bandar Lampung tahun 2017.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Jumlah sampel adalah 30 responden. Alat ukur menggunakan lembar NRS (Numeric Rating Scale). Uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon.

Hasil penelitian didapatkan P value < 0.05 (p = 0.000) dengan nilai jumlah rata-rata pada pasien sebelum dilakukan terapi dingin kompres es sebesar 5.43 dan pada pasien sesudah diberikan terapi dingin kompres es sebesar 2.67. Secara uji statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi dingin terhadap penurunan skala nyeri pada pasien post operasi tonsilektomi di ruang mawar Rumah Sakit DKT Bandar Lampung 2017. Dari hasil penelitian disarankan terapi dingin kompres es dapat diterapkan untuk menurunkan skala nyeri.

Creator

Rayi Laras Ati

Source

DIV Keperawatan Tanjungkarang

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

DIV Keperawatan Tanjungkarang

Format

softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang