Asuhan Keperawatan kasus ulkus diabetikum pada Ny. H dengan gangguan Integritas Kulit/Jaringan di ruang bedah RS. Handayani Kotabumi Lampung

Dublin Core

Title

Asuhan Keperawatan kasus ulkus diabetikum pada Ny. H dengan gangguan Integritas Kulit/Jaringan di ruang bedah RS. Handayani Kotabumi Lampung

Subject

asuhan keperawatan, ulkus diabetikum, gangguan integritas kulit/jaringan

Description

Latar Belakang. Berdasarkan laporan distribusi 10 penyakit terbesar di Ruang bedah RS Handayani pada tahun 2016-2017. Pada tahun 2016 terdapat 31 orang yang dirawat dari 483 pasien (6,41%), sementara pada tahun 2017 terdapat 50 orang yang dirawat dari 608 pasien (8,22%). Dari data tersebut terlihat adanya selisih atau kenaikan jumlah pasien penderita ulkus diabetikum pada tahun 2017.
Tujuan. Penulisan laporan tugas akhir ini adalah penulis mampu memberikan gambaran bagaimana asuhan keperawatan kasus ulkus diabetikum pada Ny. H dengan gangguan integritas kulit/jaringan di RS Handayani Kotabumi Lampung Utara dengan metode proses keperawatan mulai dari pengkajian, diagnosa keperawatan, rencana keperawatan, implementasi dan evaluasi.
Pengkajian. Didapatkan data yaitu terdapat luka pada jari kaki kanan dan kiri pasien, luka terasa nyeri dan sulit beraktivitas yang merupakan tanda-tanda bahwa pasien mengalami gangguan integritas kulit/jaringan. Data tersebut merujuk pada beberapa diagnosa diantaranya gangguan integritas kulit/jaringan, nyeri akut, dan hambatan mobilitas fisik, yang dapat dilakukan perencanaan dan tindakan keperawatan seperti diantaranya Tujuan: Integritas jaringan: kulit & membran mukosa, keparahan infeksi, keparahan hiperglikemi, tingkat nyeri, ambulasi & pergerakan dan Intervensi: Pengecekan kulit, perawatan luka, manajemen hiperglikemi, manajemen nyeri, terapi latihan ambulasi. Implementasi yang diterapkan pada pasien ulkus diabetikum diantaranya seperti memberikan perawatan luka, memantau kondisi luka, melakukan pengkajian nyeri, mengajarkan teknik napas dalam, peningkatan mobilitas dan latihan (ROM). Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama tiga hari, evaluasi masalah keperawatan kedua belum teratasi dan satu dapat teratasi.
Saran. Dari laporan ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk asuhan keperawatan ulkus diabetikum dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan bagi perawat di Ruang Bedah RS Handayani Kotabumi Lampung Utara.

Creator

Zulva Nanda Yunnahar

Source

Keperawatan Kotabumi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2018

Contributor

Mahasiswa

Format

soft file

Language

Bahasa Indonesia

Type

text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang