Prosedur Pembuatan Flexible Denture, Pada Kehilangan Gigi 12 Dan 22 Dengan Gigitan Dalam

Dublin Core

Title

Prosedur Pembuatan Flexible Denture, Pada Kehilangan Gigi 12 Dan 22 Dengan Gigitan Dalam

Subject

Akibat kehilangan dan kerusakan gigi seseorang akan mengalami kehilangan fungsi dari gigi seperti fungsi pengunyahan, estetik, dan bicara. Gigi asli yang hilang sebaiknya segera dibuatkan gigi tiruan misalnya gigi tiruan sebagian lepasan fleksi. Gigi Tiruan Sebagian Lepasan fleksi merupakan protesa yang menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang, yang dapat dipasang dan dilepaskan tanpa bantuan dokter gigi. Berdasarkan studi model yang penulis dapatkan dari klinik BRI Medika Bandar lampung, terdapat kasus kehilangan gigi 12 dan 22 dengan gigitan dalam (deep bite). Untuk mengembalikan fungsi estetik dan pengunyahan maka dibuatkan flexible denture.
Tujuan penulisan Karya Tulis Ilmiah ini untuk mengetahui prosedur pembuatan flexible denture pada kehilangan gigi 12 dan 22 dengan gigitan dalam, untuk menghasilkan gigi tiruan yang memenuhi syarat retensi, stabilisasi dan estetik.
Prosedur pembuatan flexible denture pada kehilangan gigi 12 dan 22 dengan gigitan dalam sama seperti pembuatan gigi tiruan sebagian lepasan akrilik, yang membedakannya adalah tahap flasking, pemasangan sprue, injection dan pemotongan sprue.
Simpulan, desain yang digunakan adalah tapal kuda dengan retensi yang diletakkan pada gigi 13 dan 23 dengan cengkram tipe bulky. Kendala yang dialami kesulitan menentukan ukuran elemen gigi tiruan, menempelnya bahan tanam pada protesa, masuknya bahan poles kedalam celah antara elemen gigi tiruan dengan basis protesa dan longgarnya cengkram bulky pada gigi 13. Tekniker gigi harus cermat dalam mengevaluasi model kerja, agar dapat memberi saran kepada dokter gigi mengenai desain yang akan digunakan. Tekniker gigi harus teliti saat proses pemolesan terhadap bahan poles yang masuk kedalam celah antara gigi dengan basis.

Description

Flexible Denture, Deep Bite.

Creator

Dodi Septian

Source

Tenik Gigi

Publisher

Perpustakaan Tanjungkarang

Date

2018

Contributor

Mahasiswa

Format

Soft File

Language

Bahasa Indoinesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang