Teknik Pembuatan Immediate Surgical Obturator Pada Kasus Post Maxillectomy
Klasifikasi Aramany Klas II

Dublin Core

Title

Teknik Pembuatan Immediate Surgical Obturator Pada Kasus Post Maxillectomy
Klasifikasi Aramany Klas II

Subject

Tumor rongga mulut, immediate surgical obturator, maxillectomy

Description

Prothesa immediate surgical obturator merupakan salah satu alternatif rehabilitasi pasca bedah maxillectomy, yang dibuatkan sebelum tindakan operasi dan dipasang langsung saat operasi selesai. Prothesa obturator bertujuan untuk mencegah kontaminasi oral, infeksi local, membantu pasien berbicara, mengurangi dampak psikologis dan mengurangi rawat inap dirumah sakit. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah dalam karya tulis ilmiah ini adalah bagaimana teknik pembuatan immediate surgical obturator dalam kasus post maxillectomy.
Tujuan dari penulisan adalah untuk memaparkan teknik pembuatan immediate surgical obturator pada kasus post maxillectomy klasifikasi Aramany klas II.
Tahap prosedur pembuatan immediate surgical obturator dikerjakan seperti pembuatan pada umumnya, akan tetapi pada repro model kedua yang dilakukan oleh penulis harus melakukan block out pada cetakan negative didaerah tumor menggunakan tissue. Sehingga model yang dihasilakan tidak terdapat tumor dan proses peradiran dimodel kerja menjadi lebih efisien.
Hasil dari pembuatan prothesa immediate surgical obturator adalah Prothesa immediate surgical obturator sesuai permintaan dokter gigi, tidak terlihat adanya porositas pada daerah basis sehingga prothesa obturator yang dihasilkan cukup baik dan cekat saat di insersikan pada pasien, dan Pada saat insersi prothesa akhir diruang operasi, hasil yang didapat kurang mengkilap dikarenakan pada saat diruang operasi poleshing menggunakan rubber bur yang seharusnya menggunakan alat mesin poles dengan bahan blue angel.
Dalam proses pembuatan terdapat beberapa kendala yang didapatkan, sehingga dalam pemilihan desain harus dengan teliti agar mendapat hasil yang maksimal dengan mempertimbangkan waktu dalam proses pembuatannya dan tekniker dapat


berdiskusi untuk memberikan saran dan pendapat kepada dokter gigi, jika dirasa perlu. Untuk menghasilakan prothesa obturator yang memuaskan.

Creator

Febri Pangestu

Source

Teknik Gigi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tjk

Date

2018

Contributor

Mahasiswa

Format

Soft File

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tjk