HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU MOBILISASI DINI PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMI DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG

Dublin Core

Title

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU MOBILISASI DINI PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMI DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG

Subject

Pengetahuan, Sikap, Post Operasi Laparatomi, Mobilisasi Dini

Description

Laparatomi merupakan salah satu prosedur pembedahan mayor yang
banyak dilakukan di rumah sakit di Indonesia. Tindakan pembedahan laparatomi dilakukan dengan penyayatan dinding abdomen untuk mencapai isi rongga abdomen. Berdasarkan data yang diperolehdari World Health Organization (WHO) dalam Sartika (2013), jumlah pasien dari tahun ke tahun dengan tindakan operasi mencapai angka peningkatan yang sangat signifikan. Tercatat pada tahun 2011 terdapat 140 juta pasien diseluruh rumah sakit di dunia, sedangkan pada tahun 2012 data mengalami peningkatan sebesar 148 jutajiwa. Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2009, tindakan pembedahan menempati urutan yang ke 11 dari 50 pertama penyakit di rumah sakit se-Indonesia dengan persentase 12,8% yang diperkirakan 32% diantaranya merupakan tindakan bedah laparatomi.
Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Berdasarkan hasil perhitungan sampel penelitian berjumlah 28 responden. Pengumpulan data menggunakan instrument test dan lembar kuisoner, dan di analisa menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi-square.
Hasil uji Chi-square untuk hubungan pengetahuan dengan perilaku mobilisasi dini didapatkan nilai p = 0,006 , bila P Value < 0,05,berarti ada hubungan yang bermakna yang dapat disimpulkan adanya hubungan pengetahuan dengan perilaku mobilisasi dini pada pasien post operasi laparatomi, dan Hasil uji Chi-Square untuk hubungan sikap dengan perilaku mobilisasi dini didapatkan nilai p = 0,003, bila P Value < 0,05, berarti ada hubungan yang bermakna yang dapat disimpulkan adanyahubungan sikap dengan perilaku mobilisasi dini pada pasien post operasi laparatomi di ruang kutilang, mawar, dan delima RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung tahun 2017.

Creator

Aulia Arief Drmawan

Source

DIV Keperawatan Tanjungkarang

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

DIV Keperawatan Tanjungkarang

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang