Gambaran Penyimpanan Sediaan Farmasi di Puskesmas-Puskesmas Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017.

Dublin Core

Title

Gambaran Penyimpanan Sediaan Farmasi di Puskesmas-Puskesmas Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017.

Subject

Pelayanan Kefarmasian, Penyimpanan Obat, Puskesmas

Description

Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien terkait dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Salah satu bentuk pelayanan kefarmasian adalah penyimpanan sediaan obat. Penyimpanan sediaan obat ini adalah suatu kegiatan penyimpanan obat yang diterima agar aman (tidak hilang), terhindar dari kerusakan fisik dan kimia serta mutunya tetap terjamin sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan pada pedoman pengelolaan obat publik dan perbekalan farmasi puskesmas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyimpanan obat di Puskesmas-puskesmas Kabupaten Lampung Utara tahun 2017 dengan penilaian penyimpanan berdasarkan ketersediaan sarana penyimpanan, penyusunan stok obat, dan perbekalan farmasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian observasional yang digunakan untuk memberikan gambaran tentang suatu keadaan secara objektif dan bertujuan untuk menjelaskan karakteristik variable penelitian. Jumlah sampel 13 puskesmas, waktu penelitian Mei-Juni yang bertempat di Puskesmas-puskesmas Kabupaten Lampung Utara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penyimpanan obat di 13 Puskesmas-puskesmas Kabupaten Lampung Utara tahun 2017 sebagai berikut ketersediaan sarana penyimpanan sediaan farmasi rata-rata 57% sesuai, penyusunan stok obat rata-rata 81 % sesuai, pengamatan mutu obat rata-rata 100 % sesuai, dan secara keseluruhan penyimpanan sediaan farmasi di Puskesmas-puskesmas Kabupaten Lampung Utara rata-rata 72% sesuai dengan Depkes RI tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan di Puskesmas.

Creator

Karina Anggraini

Source

DIII Farmasi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

DIII Farmasi

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang