Formulasi Sediaan Mouthwash Campuran Minyak Atsiri Kayu Manis (Cinnamomum Oil) dan Daun Sirih (Piper Oil).

Dublin Core

Title

Formulasi Sediaan Mouthwash Campuran Minyak Atsiri Kayu Manis (Cinnamomum Oil) dan Daun Sirih (Piper Oil).

Subject

Minyak Atsiri Kayu Manis (Cinnamomum Oil) dan Daun Sirih
(Piper Oil), Formulasi Mouthwash.

Description

Bahan alam merupakan bahan baku dari tumbuhan berkhasiat obat yang ada kemudian diolah (langsung) sehingga dapat digunakan dalam usaha pengobatan baik bersifat tradisional maupun modern oleh masyarakat itu sendiri. Dalam dunia kesehatan salah satu pengobatan dan perawatan tubuh yang menjadi trend “back to nature” , pemanfaatan aroma terapi dari minyak murni asli sangat membutuhkan bahan baku yang beragam dan bermutu dari tanaman aromatik. Minyak atsiri daun sirih dan kayu manis daun sirih mengandung senyawa yang mempunyai khasiat anti bakteri yang kuat, yang disebut sebagai “kavikol“ dan “kavibetol“ yang berguna untuk menghilangkan bau mulut. Efek astringent bahan ini, telah diketahui sebagai obat kumur. Sediaan mouthwash yang bersifat antibakteri yang bertujuan untuk merawat, menyegarkan, dan mengharumkan nafas atau mencengah bau mulut, membasmi kuman yang menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut, tidak menyebabkan iritasi, tidak merubah indra perasa, bisa menjangkau daerah yang tidak dapat di jangkau oleh pasta gigi.
Tujuan penelitian ini untuk memformulasikan sediaan mouthwash campuran Minyak Atsiri Kayu Manis (Cinnnamomum oil) dan Daun Sirih (Piper oil) dengan perbandingan F1, F2, F3, F4, F5, F6 dan F7 sebagai pembandingsediaan yang beredar dipasaran.
Jenis penelitian yang dilakukan bersifat eksperimental, dengan jumlah perlakuan sebanyak 7 kali perlakuan, yaitu mouthwash dengan variasi konsentrasi. Penelitian ini menggunakan pengulangan sebanyak 4 kali. Data yang diperoleh berupa organoleptis, viskositas, massa jenis, pH menggunakan analisa univariant.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sediaan mouthwash campuran minyak atsiri kayu manis (cinnamomum oil) dan daun sirih (piper oil) dengan variasi konsentrasi memiliki warna yaitu merah muda keruh, berbau tajam, dan memiliki tekstur encer, seluruh formula memiliki viskositas yang cukup baik, memiliki massa jenis yang cukup baik, dan memiliki pH antara 5 tidak sesuai dengan pH mulut, tidak menyebabkan iritasi, dan nyaman digunakan.

Creator

Ayu Ernita

Source

Farmasi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Farmasi

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang