Gambaran Peresepan Obat Untuk Pengobatan Common Cold Di Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 2017

Dublin Core

Title

Gambaran Peresepan Obat Untuk Pengobatan Common Cold Di Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 2017

Subject

Peresepan Obat, Pengobatan Common Cold ( batuk-pilek)

Description

Common cold yang umumnya disebut flu atau selesma adalah suatu infeksi akut oleh suatu rhinovirus yang terdapat dalam jumlah besar di udara. Gejala common cold timbul setelah suatu periode inkubasi singkat (1-3 hari) dan berupa batuk pilek, bersin, dan sakit tenggorokan yang akan sembuh dengan sendirinya. Penyakit common cold menempati urutan pertama di Puskesmas Gadingrejo sebesar 319 resep di bulan Desember tahun 2016.
Tujuan penelitian ini mengetahui Gambaran Peresepan Obat Untuk Pengobatan Common cold di Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu antara lain mengetahui karakteristik pasien common cold meliputi umur dan jenis kelamin, kelengkapan penulisan resep, golongan obat common cold, jenis sediaan obat common cold, pasien yang mendapat antibiotik dalam pengobatan common cold, penggunaan jenis antibiotik dalam pengobatan common cold, kesesuaian pengobatan common cold di Puskesmas Gadingrejo terhadap pedoman pengobatan dasar Puskesmas.
Metode penelitian ini adalah deskriptif retrospektif yang berusaha melihat ke belakang (backward looking) dengan mencari data mundur peristiwa yang terjadi di masa lalu yaitu data sekunder dengan melihat resep pasien common cold di Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.
Hasil penelitian yang dilakukan yang di Puskesmas Gadingrejo terhadap penyakit common cold menunjukkan bahwa karakteristik pasien yang paling banyak dialami oleh anak-anak sebesar 70% dan jenis kelamin terbanyak perempuan sebesar 54%. Resep common cold di Puskesmas Gadingrejo menunjukkan 100% resep tidak lengkap, golongan obat common cold yang paling banyak digunakan adalah obat Bebas sebesar 53,29% dan bentuk sediaan paling banyak adalah obat Tablet sebesar 64,45%. Berdasarkan farmakologi golongan analgesik sebesar 24,55%, pasien yang mendapat antibiotik sebesar 77%, dan jenis antibiotik yang digunakan amoxicillin sebesar 98,73%, dan resep yang sesuai dengan pedoman dasar Puskesmas sebesar 98%.

Creator

Elva Ridhmadani

Source

Farmasi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Farmasi

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang