Gambaran kesesuaian pengobatan pada pasien gastritis berdasarkan formularium obat Puskesmas di Puskesmas Simpur Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandar Lampung

Dublin Core

Title

Gambaran kesesuaian pengobatan pada pasien gastritis berdasarkan formularium obat Puskesmas di Puskesmas Simpur Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandar Lampung

Subject

Kesesuaian pengobatan dengan formularium, Gastritis, Puskesmas SimpurKecamatanTanjungkarangPusat Bandar Lampung

Description

Gastritis adalah proses inflamasi atau peradangan pada dinding lambung terutama pada selaput lendir lambung. Keluhan yang sering dihubung-hubungkan dengan gastritis adalah nyeri panas dan pedih di ulu hati disertai mual kadang-kadang sampai muntah. Gastritis merupakan suatu keadaan peradangan atau perdarahan mukosa lambung yang dapat bersifat akut dan kronis. Penyebab utama gastritis adalah iritasi lambung misalnya oleh makanan yang merangsang asam lambung, alkohol, obat atau stres.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesesuaian peresepan obat pada pasien gastritis berdasarkan formularium obat Puskesmas di Puskesmas Simpur Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandar Lampung periode Oktober – Desember tahun 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif retrospektif dengan studi yang didasarkan pada pengambilan data sekunder dari buku register pasien dengan diagnosa gastritis di Puskesmas Simpur periode Oktober – Desember tahun 2016 dengan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling yaitu mengambil sampel secara acak dan berstrata secara proporsional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah pasien dengan diagnosa gastritis periode Oktober – Desember tahun 2016 yaitu 24,6%, obat-obat gastritis berdasarkan sub kelas terapi yang paling banyak digunakan yaitu antasida dan antiulkus sebesar74,6%, berdasarkan zat aktif yang paling banyak digunakan yaitu antasida sebesar 29,3%,dan kesesuaian peresepan obat pada pasien gastritis berdasarkan formularium obat Puskesmas yaitu 100% sesuai.

Creator

Fridi Saputra

Source

Farmasi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Farmasi

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang