Gambaran Pengelolaan Obat Di Puskesmas Gisting Kabupaten Tanggamus

Dublin Core

Title

Gambaran Pengelolaan Obat Di Puskesmas Gisting Kabupaten Tanggamus

Subject

Pengelolaan Obat, Puskesmas Gisting

Description

Pengelolaan Obat merupakan salah satu kegiatan pelayanan kefarmasian, yang dimulai dari perencanaan, permintaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pencatatan dan pelaporan. Puskesmas Gisting memiliki rata-rata pasien dalam satu hari berjumlah 100 pasien. Di puskesmas Gisting hanya memiliki satu orang asisten apoteker. Puskesmas Gisting Kecamatan Gisting tidak memiliki Apoteker.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pengelolaan obat di Puskesmas Gisting yang meliputi : perencanaan, permintaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pencatatan dan pelaporan berdasarkan kesesuaian dengan Permenkes RI No.30/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Sampel yang diambil adalah seluruh dokumen LPLPO, SBBK, Laporan Obat yang ada di puskesmas Gisting Kabupaten Tanggamus pada tahun 2016.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu perencanaan obat termasuk dalam kategori baik (100%), permintaan obat dalam kategori baik (80%), penerimaan obat dalam kategori baik (85,71%), penyimpanan dalam kategori cukup (72,22%), pendistribusian dalam kategori baik (100%), pengendalian dalam kategori baik (83%) dan pencatatan pelaporan dalam kategori baik (100%). Sehingga diperoleh hasil dari rata-rata kegiatan kegiatan pengelolaan obat yaitu 88% (Baik).

Creator

Maeva Esta Yolanda

Source

Farmasi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Farmasi

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang