Gambaran Rasionalitas Swamedikasi Oleh Pengunjung Yang Berobat Di Apotek Enggal Kota Bandar Lampung

Dublin Core

Title

Gambaran Rasionalitas Swamedikasi Oleh Pengunjung Yang Berobat Di Apotek Enggal Kota Bandar Lampung

Subject

Swamedikasi, Rasionalitas Swamedikasi, Swmedikasi di Apotek

Description

Upaya masyarakat untuk mengobati dirinya sendiri dikenal dengan istilah swamedikasi, dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran atau obat keras yang bisa didapat tanpa resep dokter dan diserahkan oleh apoteker di apotek. Swamedikasi harus dilakukan sesuai dengan penyakit yang dialami dan pelaksanannya sedapat mungkin harus memenuhi kriteria penggunaan obat yang rasional. Kriteria pengobatan yang rasional untuk swamedikasi bisa dilihat dari ketepatan golongan obat, tepat indikasi, tepat pemilihan obat, tepat dosis, tepat cara pemberian, tepat interval waktu pemberian, dan tepat informasi. Pentingnya ketepatan kriteria tersebut bertujuan agar pengobatan menjadi rasional.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase responden yang mendapatkan pelayanan swamedikasi oleh apoteker, persentase swamedikasi berdasarkan ketepatan golongan, tepat indikasi, tepat pemilihan obat, tepat dosis, tepat cara pemberian, tepat interval waktu pemberian, dan tepat informasi oleh pasien yang berobat di apotek Enggal Kota Bandar Lampung.
Penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan metode penelitian observasi dan wawancara yang dikumpulkan dalam tabel dan disimpulkan. Data Coding yang didapatkan diberi penilaian dalam bentuk persentase untuk menyimpulkan data.
Hasil identifikasi, Persentase swamedikasi yang diberikan pelayanan oleh Apoteker sebanyak 0%, ketepatan golongan obat sebesar 100%, ketepatan indikasi sebanyak 100%, ketepatan pemilihan obat sebanyak 99%, ketepatan dosis sebanyak 100%, ketepatan cara pemberian obat sebanyak 99%, ketepatan interval waktu pemberian sebanyak 98%, ketepatan informasi sebanyak 0% dan rasionalitas swamedikasi sebanyak 0%.

Creator

Nency Mandela

Source

Farmasi

Publisher

Perpustakaan Poltekkes Tanjungkarang

Date

2017

Relation

Farmasi

Format

Softcopy

Language

Bahasa Indonesia

Type

Text

Coverage

Poltekkes Tanjungkarang